Beberapa langkah untuk menjadi orangtua yang sigap

7 Kiat Mendisiplinkan Anak Tanpa Kekerasan

Setelah itu bantu ia menghitung kembali jumlah apel yang tersisa. Untuk mengajarkan konsep penambahan, Bunda dapat menambahkan beberapa irisan apel lagi di atas piring, lalu ajak Si Kecil menghitung kembali jumlah apelnya. Kemampuan anak usia tiga tahun menggenggam benda kecil makin meningkat. Peningkatan motorik halus ini merupakan tanda bahwa Bunda sudah bisa mengajarkan Si Kecil menulis, diawali dengan bagaimana memegang pensil dan mencoretkannya ke kertas. Berikan Si Kecil pensil dengan berbagai warna dalam agar ia lebih tertarik untuk mencorat-coret bentuk gambar di atas kertas.

“Melalui gadget, semua bisa membuka medsos, semua bisa menerima informasi, itu ada plus dan minusnya,” katanya. Mandi air panas sebelum tidur dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak, terutama jika suhu air dan waktu mandi tepat. Mandi air hangat atau mandi selama rentang ini menambah proses biologis alami dari siklus tidur.

Membuat anak mudah mengerti

Jika anak Anda baru pertama kali mengenali alfabet, langkah pertama adalah membiasakan anak dengan bentuk tiap huruf. Kami sarankan untuk menggunakan alat belajar alfabet yang berbentuk tikar, karpet, wall sticker, atau benda sejenis lainnya. Dengan menggunakan alat-alat tersebut, anak Anda akan terbiasa melihatnya setiap hari. Maraknya berita tentang jaringan pedofilia di Facebook tentunya membuat orang tua khawatir.

Pendekatan ini jauh lebih efektif daripada menghukum anak atas kegagalannya. Juga, hindari menggunakan hadiah atau iming-iming untuk membuat anak melakukan apa yang Anda ingin dia lakukan. Memberi anak nasihat panjang dan menggunakan ancaman juga tidak akan membantu, Moms! Biarkan anak Anda tahu bahwa cinta dan dukungan Anda untuknya tidak bersyarat, dan tidak terikat pada bagaimana prestasinya di sekolah. Jadi, ciptakan lingkungan yang hangat, tunjukkan kalau Anda mau memahami kesulitannya dan terus beri dorongan. Mengajarkan anak bukan berarti harus selalu membuat “peraturan-peraturan baru” yang tidak menyenangkan baginya, akan tetapi juga bisa dengan cara bermain bersama.

Saat ia sudah mulai mencoba untuk membaca buku favoritnya, coba minta si Kecil untuk menceritakan kembali tentang tokoh dan cerita yang ada di buku tersebut. Hal ini akan membantu anak untuk tidak sekadar bisa membaca, tapi juga memahami yang dibacanya. Ibu sebaiknya menggunakan media belajar yang sederhana tapi menarik minat anak untuk belajar. Tahap ketiga adalah memperkenalkan dan mengajari anak untuk membaca suku kata yang lebih variatif tapi masih mudah untuk dihafal anak dan berakhiran huruf vokal. Hindari untuk memperkenalkan suku kata yang memiliki akhiran huruf mati supaya anak menguasai tahap ini lebih dulu. Perlu Ibu ingat bahwa di usia ini anak masih dalam tahap berkembang, sehingga membutuhkan proses yang bertahap dan terus-menerus.

agar tidak bosan, ubahlah text guide pelajaran menjadi bentuk gambar atau audio, dengan begini murid akan menemukan sesuatu yang dianggap baru dan menyenangkan. memanfaatkan teknologi tentunya akan selalu berkaitan dengan web. saat ini ada banyak web site edukasi yang akan memberikan pengetahuan tentang mata pelajaran yang sedang murid-murid bahas bersama gurunya ini. mereka bisa mengakses video pembelajaran atau membaca artikel terkait, untuk membuat mereka lebih faham.

Sudah membaca 20 kiat yang harus kita lakukan agar anak kita yang baru masuk SD bisa dengan cepat membaca dan menulis? Anak-anak akan lebih merasa nyaman ketika para orang tua mengajari dengan santai. Terlalu tegang atau kaku hanya akan membuat anak tidak jenak dalam belajar sehingga mereka akan sulit untuk memahaminya. Jika mengajarkan anak dengan suasana yang tidak asyik, tentunya hanya akan membuat anak malas untuk belajar membaca. Membacakan cerita sebelum tidur ternyata memiliki efek yang baik untuk meningkatkan daya ingat anak.

Melatih perkembangan otak kanan harus dimulai sejak kecil untuk menghasilkan tumbuh kembang yang lebih terjamin. Salah satunya dengan mengajaknya ke tempat-tempat yang menarik seperti di taman. Sesekali para Ibu bisa mengajak di kecil bermain sambil belajar membaca.

Lima belas menit adalah waktu yang cukup untuk mengajarkan anak yang masih kecil. Tingkatkan sesi berbahasa Inggris seiring dengan bertambahnya usia dan meningkatnya konsentrasi anak. Tetap lakukan aktivitas yang singkat dan bervariasi untuk menjaga perhatian anak. Ini terutama penting bagi anak usia sekolah dasar yang membutuhkan penguatan positif terus-menerus agar mereka tetap termotivasi untuk belajar dan menantang diri mereka sendiri untuk berbuat lebih baik. Kedua gangguan belajar ini menghalangi proses pembelajaran anak dan tentunya membuat anak malas belajar.