Beberapa langkah untuk menjadi orangtua yang sigap

Cara Agar Anak Tidak Gaptek

Jangan mudah memberikan gadget pada anak hanya untuk membuatnya diam dan tidak mengganggu pekerjaan Ibu. Lebih baik berikan ia permainan yang dapat mengasah kemampuannya supaya perkembangannya dapat berjalan dengan baik. Tak hanya orang dewasa, kini anak-anak pun sudah mulai cukup terbiasa menggunakan gadget di aktivitas keseharian mereka.

Cara agar anak tidak kecanduan gadget

Di Rumah Amalia penterapan CBT ini pertama anak diajak untuk melepas gadget. Anak yang tadinya ketika bangun pagi mencari gadget diganti dengan buku. Mereka diarahkan untuk membaca buku atau melakukan kegiatan lain. “Sekarang ini kita bisa bayangkan kalau anak-anak sedang primary gadget mau primary recreation lewat hp sebagai seorang participant itu dia berkomunikasi dengan orang yang tidak dikenal.

Pada umumnya orang tua tidak menginginkan si kecil bermain di luar rumah. Memang mereka memiliki tujuan baik yakni ingin melindungi anak dari berbagai hal yang buruk yang akan menimpanya. Cara pertama ialah Anda bisa memberikan batasan waktu kepada anak untuk bermain gadget. Anda harus tegas dan jangan membiarkan anak Anda terlalu asik bermain gadget. Selain banyak sisi positif, perlu orang tua ketahui bahwa dalam gadget tersebut terdapat hal-hal yang negatif yang tentunya tidak baik jika anak terlalu lama dibiarkan bermain gadget. Ini akan menjadi pelajaran bagi anak, bahwa tidak perlu menghabiskan waktu yang lama untuk bermain gadget.

Ubah rutinitasnya dan pastikan waktu luangnya tidak sama dengan agenda saat bercengkrama dengan layar gadget. Perlu diingat bahwa Si Kecil belum tentu langsung setuju dan terbiasa dengan aturan-aturan baru mengenai gadget ini. Jadi, Bunda memerlukan kesabaran ekstra untuk berkompromi dengannya. Pastikan juga anggota keluarga lain bekerja sama untuk membantu Bunda dalam hal ini, ya. Latih Si Kecil untuk meminta izin terlebih dahulu sebelum bermain gadget dan mengembalikannya dengan baik setelah selesai digunakan.

Untuk itu, ajak anak untuk bergaul/bermain dengan teman sebayanya, bisa dengan mengundang teman-temannya ke rumah atau ajak ia berkunjung ke rumah salah satu sobatnya di sekolah. Dorong mereka untuk bermain aktif, seperti bermain bola, petak umpet, dan sebagainya. Maryana mengatakan orangtua harus tegas, tega mengurangi intensitas anak bermain gadget adalah jalan satu-satunya. Jangan pernah berpikir, untuk membelikan anak gadget pribadi, batasi waktu bermainnya.

Pemasangan web memang membantu pekerjaan dan berbagai aktivitas lainnya. Meskipun begitu, anda perlu membatasi penggunaan internet untuk menghindari kecanduan pada anak anda. Ada baiknya anda mematikan jaringan web bila tak digunakan. Sehingga, anak tak dapat mengakses web diam-diam saat anda tak memperhatikan.