Beberapa langkah untuk menjadi orangtua yang sigap

Eight Cara Agar Anak Tak Kecanduan Gadget Saat Tumbuh

Berikan contoh yang baik pada anak agar tidak alami kecanduan dengan gadget. Untuk itu, jika Mama menginginkan anak yang tidak memiliki kebiasaan menggunakan gadget, Mama bisa memulainya dari diri sendiri. Jika Mama dan Papa masih bermain gadget di depan anak, tentu ia akan menirukan kebiasaan tersebut.

Terkait itu, tentu sebisa mungkin anak jangan dibiarkan begitu saja memakai gadget untuk mengakses konten, seperti sport, bernuansa kekerasan. Bunda bisa membahas mengenai risiko terjadinya obesitas atau sakit mata jika Si Kecil lebih sering duduk bermain gadget dan jarang bermain ke luar rumah. Selain itu, jelaskan pada Si Kecil dengan bahasa yang mudah bahwa gadget dan internet bisa menjadi tempat yang berbahaya untuknya, apalagi jika Si Kecil juga bermain di media sosial. Orangtua harus menyadari kebiasaan merokok tak cuma berdampak buruk bagi diri sendiri, tetapi juga untuk orang lain, termasuk buah hati mereka. Seorang anak bisa jadi perokok perokok pasif bila dikelilingi lingkungan orang-orang perokok, baik di rumah, sekolah atau tempat bermain. Jika Ia lebih sering menghabiskan waktunya bersama gadget daripada orang-orang disekitarnya maka hal itu akan mengganggu perkembangan interaksi sosial.

Misalnya, permainan untuk mengasah daya ingat dengan mencocokkan gambar yang sudah muncul sebelumnya, atau aplikasi untuk menggambar, belajar berhitung dan bermain musik. Memanfaatkan gadget sesuai dengan porsinya akan membuat Si Buah Hati jadi semangat untuk belajar hal-hal baru, tentunya dengan waktu yang dibatasi, ya. Berkat teknologi, semua orang bisa saling berkabar dan melaporkan aktivitas daring, begitu juga dengan aktivitas jual beli. Kita belajar dari Wahyu Ardianto, pemilik brand Es.eco tentang bagaimana menjadi pengusaha sukses lewat media sosial . Orang tua juga harus membatasi diri untuk tidak bermain gadget ketika bersama buah hati. Gunakan juga aplikasi yang dikembangkan untuk orang tua memantau berapa lama anak menggunakan gadget dan melakukan apa saja dengan gadgetnya.

Teori sindrom anak tunggal meyakini bahwa anak tunggal dimanja karena terbiasa mendapatkan apapun yang diinginkan dari orang tua. Inilah 4 poin yang harus menjadi perhatian orang tua, seperti dilansir Liputan6.com. Tetapkan area bebas gadget, di mana semua anggota keluarga tidak boleh menggunakan gadget, seperti saat makan bersama di ruang makan, dan jangan dilanggar. “Ini bisa secara dini untuk orang tua mengarahkan anak menggunakan gadgetnyalebih berhati-hati,” pungkasnya.

Cara agar anak tidak kecanduan gadget

Namun tidak sedikit pula kemajuan teknologi seperti gawai ini, menjadi alat yang membuat seseorang menjadi ketergantungan. KOMPAS.TV – Kemajuan teknologi saat ini merupakan suatu hal yang sulit untuk kita hindari. Perilaku mereka merupakan bentuk dari hasil meniru orang-orang di sekitarnya, terutama orang tuanya. Sebagai pusat pendidikan, EduCenter akan menjadi trend di kalangan keluarga Indonesia. Keempat langkah di atas dapat menjadi acuan bagi para pasangan muda yang baru membangun keluarga untuk bisa mempersiapkan rencana finansialnya dengan matang.