Beberapa langkah untuk menjadi orangtua yang sigap

Suggestions Cerdas Mengatasi Balita Susah Makan

Membujuk anak dengan lemah lembut bisa melunakkan hati sang anak. Selain itu, khawatir jika anak tersedak saat makannya dengan di paksa. Ibu tidak hanya dituntut untuk pintar memasak namun ibu juga dituntut untuk bisa pintar dalam menyajikan makanan. Anak akan menjadi berselera untuk memakan makanannya jika tampilan makanan menarik.

Kreasikan ragam variasi makanan yang sekiranya menarik minat anak untuk makan. Mulai dari pilihan menu yang berbeda setiap harinya atau sertakan hiasan sebelum makanan kamu berikan kepada si kecil. Sebagai orang tua saja seringkali kamu merasa tidak suka jika dipaksa untuk melakukan suatu hal, kan? Nah, ini sama kasusnya ketika kamu memaksa anak untuk makan, terlebih dengan porsi sesuai yang kamu inginkan. Biarkan anak makan sesuai dengan porsi yang ia inginkan terlebih dahulu.

Bagaimana cara untuk mengatasi anak yang susah makan

Selain untuk melatih gerak peristaltik usus dan mengajari anak untuk mulai mengunyah, makanan yang teksturnya sedikit kasar tidak akan membuat bosan sang buah hati. Anda perlu mencari referensi makanan yang teksturnya cocok untuk balita berusia diatas 1 tahun, agar sistem pencernaannya tetap terjaga. Cara mengatasi anak susah makan yang ke enam adalah dengan mulai membatasi pemberian camilan pada anak Anda. Beberapa anak menolak makan ketika mereka terlalu banyak ngemil di siang hari. Di sisi lain, selain preferensi akan jenis makanan, Anda juga harus memperhatikan masalah lain dalam hal anak yang susah makan. Seperti misalnya ia sering tersedak atau kesulitan menelan atau mengunyah makanan tertentu setiap kali makan.

Maka hindari hal-hal yang membuat anak menjadi trauma makan seperti beberapa yang dicontohkan diatas. Berikut ini cara mengatasi masalah anak susah makan yang bisa Anda terapkan. Termasuk di antaranya untuk beberapa anak yang suka pilih-pilih makanan atau istilahnya choosy eater.

Hal ini dapat menyiratkan bahwa makanan penutup merupakan makanan yang paling enak dan baik untuk anak. Selain itu, dapat meningkatkan keinginan mengkonsumsi makanan manis bagi anak. Anda dapat memberikan makanan penutup selama 2 hari dalam seminggu, sedangkan pada pekan berikutnya tidak anda berikan. Buah, yogurt atau makanan sehat lain dapat anda ganti sebagai makanan penutup. Selama waktu makan, minimalkan gangguan, misalnya matikan televisi dan jauhkan buku atau mainan dari meja makan. Misalnya untuk bisa tinggi dan kuat harus banyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang sehat,” tuturnya.

Untuk makanan pendamping ini harus disesuaikan dengan umur anak . Jangan langsung diberikan nasi padat karena bisa mengganggu saluran pencernaannya. Ibu Super harus sangat kreatif dan inovatif dalam menyiapkan menu yang menarik.

Bila anak menunjukkan tidak mau makan, maka tawarkan kembali makanan tanpa paksaan. Bila setelah 10 – 15 menit anak tidak mau makan, maka sebaiknya diakhiri. Tak perlu terpaku menyajikan makanan dalam porsi lengkap yang terdiri atas nasi, lauk, dan sayur. Karena tujuan utamanya bukan seberapa banyak makanan yang masuk ke dalam tubuhnya, melainkan seberapa banyak gizi yang ia butuhkan dan telah terpenuhi.